Oleh: ithum | 15 Januari 2008

Aku Terdampar di Yahoo!Answers

Suatu hari, di awal tahun 2008 ini, aku terdampar disebuah tempat yang bernama Y!A alias Yahoo! Answers, sejujurnya aku tidak ingat kenapa pada saat itu, web browserku membuka halaman Y!A ini, dan tepatnya aku terdampar di Y!A Indonesia. Sebenarnya, aku pernah juga dengar layanan dari Y! ini sebelumnya dan aku kurang tertarik untuk membukanya.

Dengan penuh keterpaksaan, karena sudah terdampar di sini, aku coba-coba berkelana di dalamnya, menelusuri sebagian isi T&J (Tanya & Jawab) yang ada. Dari banyak sekali T&J yang ada, aku menemukan juga T&J yang bermanfaat, dengan pertanyaan dan jawaban yang berbobot, tetapi tidak sedikit pula aku menemukan pertanyaan dan jawaban sampah.

T&J di kategori Agama
Salah satu kategori yang aku buka dan aku temukan banyak sekali sampah adalah pada kategori (Budaya -> Agama), tidak banyak kutemukan T&J yang membangun, lebih banyak kutemukan Pertanyaan maupun Jawaban sampah, caci maki dan umpatan, saling menjatuhkan dan menjelekkan iman kepercayaan Agama yang lain. Forum T&J yang menurut hemat saya dapat digunakan membangun iman antar umat yang seiman atau membangun pengertian antar umat yang berbeda kepercayaan, ternyata jauh dari yang kubayangkan.

Gambaran Masyarakat Indonesia
Akan tetapi, dari kebanyakan media di internet seperti forum, Y!A dan chat, diskusi masalah Agama di Indonesia, tampaknya selalu berisi seperti itu. Mungkin ini gambaran wajah masyarakat Indonesia, menampilkan kearoganan, tidak memiliki toleransi, mengandalkan otot tanpa otak, mementingkan individu dan kelompoknya sendiri, tampil religius tapi tidak beradab, beragama tapi tak bertuhan dan masih banyak hal menyedihkan yang lain.

Links:
Y!A Indonesia : http://id.answers.yahoo.com
Int’l/US : http://answers.yahoo.com


Responses

  1. semoga nyasarnya ntar ke tempat yang bagus ya
    o iya mau ngundang buat mampir dan baca tulisan ini
    http://realylife.wordpress.com/2008/01/13/pulang/

  2. makasih ya udah mampir di blog aku .
    sering – sering silaturahmi ya

  3. @realylife: sama2


Tinggalkan Balasan

Kategori

