Oleh: ithum | 17 Februari 2008

Final Release! PCMAV 1.0

Akhirnya bulan februari ini, PCMAV Final Release benar-benar keluar, sesuai dengan rencana PCMAV sebelumnya bahwa Final Release akan keluar bersamaan beredarnya Majalah PCMedia Edisi 03/2008. Dengan segala kelebihan dan kekuarangannya, PCMAV tetap layak untuk ditunggu oleh para pengguna PCMAV.
Dari informasi yang ditampilkan PCMAV, diketahui bahwa pada Final Release ini PCMAV mengklaim memiliki 1615 Virus Signature (Engine Version 1761). Apabila dibandingkan dengan PCMAV RC24 Update Build3 yang memiliki 1544 (1513+31) virus signature, berarti ada penambahan sebanyak 71 virus dan atau varian baru.
Apabila dibandingkan dengan versi RC24, tidak cukup banyak perubahan dan perbaikan yang signifikan dilakukan oleh PCMAV versi Final Release ini. Selain penambahan jumlah virus signature, PCMAV menginformasikan adanya beberapa penambahan feature dalam Final Release:

  • Dukungan penggunaan beberapa Parameter saat PCMAV dijalankan (yang membutuhkan informasi cara menggunakan parameter, dapat dibaca dalam tulisan ini)
  • Dukungan terhadap penggabungan dengan ClamAV v0.9x
  • Real Time Protector (PCMAV-RTP) dijalankan sebagai service Windows


Beberapa parameter yang didukung oleh PCMAV:
/REGSHELL  : Register Shell Extension, ini berguna untuk menampilkan pilihan “Scan with PCMAV” pada saat dilakukan klik kanan pada sebuah file (hanya support file tidak keluar pada klik kanan folder).
/UNREGSHELL : Unregister Shell Extension, ini berguna untuk menghapus pilihan “Scan with PCMAV”.
/FORCE  : Mengizinkan PCMAV untuk memaksa membersihkan file
yang terinfeksi.
/REGCLEAN : Mencoba mengembalikan registry dan setting “Tools
Folder Options” ke kondisi default.
/NOMEM : Tidak melakukan scan memory.
/NOSTARTUP : Tidak melakukan scan pada saat startup PCMAV.
/NOUPDATE : Tidak melakukan pengecekan update.

Untuk dapat menjalankan PCMAV dengan menggunakan parameter di atas,

  • Jalankan RUN dari start menu
  • Gunakan browse file untuk menemukan file PCMAV yang akan dijalankan
  • Tambahkan parameter dibelakang nama file PCMAV, misal “D:\PCMAV-CLN.exe” /REGSHELL
  • Parameter yang ditambahkan dapat diisi lebih dari satu, dengan memberi spasi diantara parameter yang diberikan misal : “D:\PCMAV-CLN.exe” /REGSHELL /NOMEM /NOSTARTUP

Untuk menjalankan PCMAV dengan parameter, terdapat beberapa teknik yang  lebih lengkap dapat dibaca di postingan saya yang membahas masalah parameter program
Sampai dengan saat ini saya belum melakukan ujicoba untuk penggabungan PCMAV dengan clamAV v0.9x.

  • Selain beberapa penambahan feature di atas, beberapa hal yang sebenarnya saya tunggu akan ada atau ditambahkan dalam Final Release ini ternyata belum terlihat:
  • PCMAV tidak mampu menampilkan Drive yang disembunyikan,
  • PCMAV tidak mampu mengenali virus baru yang menyamar sebagai file MSWord (icon MS Word) dan membuat file virus (.exe)  yang mirip dengan file MSWortd (.doc), misal ada file 123.doc, virus tsb ,membuat file 123.exe dengan icon MSWord dan menghidden file 123.doc. Mungkin ini seperti yang dimaksud metode Geneticheuristic yang diklaim oleh PCMAV, dalam pengalaman metode ini efektif mengenali virus yang menyamar sebagai folder.
  • Sampai saat ini saya belum mengetahui dengan pasti apakah PCMAV memiliki metode heuristic untuk mengecek pola/struktur program sebuah virus, .
  • PCMAV versi Final ternyata mengalami  kesalahan membaca informasi update.

Sebenarnya masih banyak saran buat PCMAV, tapi saya juga masih  menunggu release PCMAV versi 2.0, berharap ada banyak perubahan yang membuat PCMAV lebih baik dan mudah digunakan.  Silahkan rekan-rekan yang sudah menunggu PCMAV versi Final Release, silahkan download dari link di bawah ini.

Catatan:
Terlambat Upload gara-gara DVD PCMedia yang dibeli ngga bisa kebaca (thank buat temen yg udah minjemi DVD PCMedianya! dan belum sempat tanya ke Togamas, DVDnya bisa ditukerin ga? kalo buku sih bisa tapi entah kalo dari majalah. Mosok harus minta tuker ke PCmedia langsung, cape dech…

Download Link :
RapidShare
Link 1 http://rapidshare.com/files/92805250/PCMAV_1.0_FINAL_RELEASE_ithum.wordpress.com.rar

Link 2 http://rapidshare.com/files/92566162/PCMAV_1.0_FINAL_RELEASE-ithum.wordpress.com.rar

UPDATE:

Info Update terbaru Untuk PCMAV 1.0 Final Release:

Update build1 untuk PCMAV 1.0 Final Release telah tersedia, untuk download update silahkan klik di sini

Update build2 untuk PCMAV 1.0 Final Release telah tersedia, untuk download update build2 silahkan klik di sini

Update!
PCMAV 1.0 Final Release telah mengeluarkan update build3 tanggal 1 maret 2008, untuk download silahkan klik di sini


Responses

  1. […] Final Release! PCMAV 1.0 […]

  2. PERTAMA MO DOWNLOAD
    TP ERROR……….ERROR…………ERROR………..ERROR

  3. gak bisa update. gimana caranya? file updatenya da di download

  4. @Aurel_666 : Error download ato file? kita cek lagi!
    @ichsan: saat ini ga usah update! PCMAV salah membaca info download (padahal info downloadnya sendiri).
    @Aurel_666 & Semua: File sudah kita cek dengan mendownload dari rapid, dan tidak ada masalah/error dengan file yang kita sediakan! Mungkin mas Aurel_666 error dalam downloadnya (ga selesai kali yaaa…), silahkan download ulang dan sudah kita tambah link baru.

  5. kok download pcmav yang baru malah jadi virus trojan sih??cara download kaspersky gmn sih?thx b 4

  6. @john: PCMAV hasil download dicek dengan AVG? Avast? Itu hanya kesalahan pendeteksian oleh anti virus! saya jamin hasil upload saya bebas dari virus.
    kaspersky? silahkan ke kaspersky.com , kaspersky menyediakan free trial 1 bulan.
    Tambahan info PCMAV 1.0 Final Release update build1 telah direlease oleh PCMAV.

  7. bos kirim di emailku donk barong182@plasa.com, komputerku kena virus ni. soalnya q gak bisa download dirapidshare ni. q jg langganan PC MEDIA tp DVDnya gk bisa dibuka. q tunggu ya. makasih

  8. ada link donwload ke gudangupload.com dan jogjaupload.com, malahan sudah lengkap pcmav Final Release dan update build1
    Silahkan buka disini PCMAV 1.0 Final Release Update Build1

  9. Mas, apa sich bedanya pc mav versi rc dengan pc mav 1.0 final release, lebih ampuh mana ya…, tolong dong kasih penjelasannya, terus kalo mau free download pc mav 1.0 final release di mana ya mas ?

  10. @Arfi: sejujurnya menurut saya, tidak banyak yang berbeda antara RC (release candidate) dengan PCMAV versi Final Release. Dalam pengamatan saya, hanya ada beberapa penambahan feature dan perbaikan beberapa bugs, dan tidak ada perubahan yang cukup besar yang membuat PCMAV versi Final release ini berbeda dengan versi RC-RC sebelumnya.
    Satu perubahan yang cukup menonjol, menurut saya adalah PCMAV-RTP (Real Time Protector) dijalankan sebagai Windows Service, walau saya sendiri belum membandingkan (dengan versi RC yg berjalan sebagai aplikasi biasa) dan cek kemampuannya.
    Walaupun demikian saya menyarankan untuk selalu menggunakan PCMAV versi terbaru karena dukungan update untuk PCMAV versi lama tidak ada lagi atau berarti setiap ada release baru PCMAV, PCMAV lama tidak dapat menggunakan update PCMAV yang terbaru.
    PCMAV dapat didownload secara gratis, link download PCMAV dan update-nya, silahkan baca post terbaru mengenai PCMAV di blog ini, ada link download di rapidshare, gudangupload dan jogjaupload.

  11. DOBEL ENGINE ANTIVIRUS PCMAV FINAL RELEASE & CLAMAV 0.9x koq ga bisa dijalankan ya..? padhl file yg di butuhkan sudah lengkap.. trus gmn….? eh iya, pd PCMAV RC22 pernah sy coba double engine PCMAV dg CLAMAV, pas ta coba scan file yg terinfeksi virus,file yg terinfeksi virus koq juga ikut kehapus ya..?

  12. Sy pake PCMAV sudah lama, suatu ketika, iseng2 coba nginstal AVG, eehh.. ga tahunya hampir semua file2 exe di system dan master program terjangkit virus “SALITY” (dari hasil scan AVG). tolong dong ksih serumnya, bahkan PCMAV 1.0 FINAL RELEASE pun ga berdaya dengan virus tsb alias ga bisa mendeteksi…

  13. @Ary S: gunakan library clamAv versi 0.91.x, link download ada di tulisan ini Menggabungkan PCMAV dengan Library ClamAV, kalo semua file udah lengkap termasuk file database virus clamav, saya yakin pasti bisa jalan.
    @ray: PCMAV tidak memiliki kemampuan utk menangani virus yg menginfeksi file .EXE. Sampai dengan saat ini berdasar pengamatan saya, jangankan utk membasmi utk sekedar mendeteksi virus spt itu, PCMAV tidak bisa.

  14. saya heran kokPCMAV final release , PCMAV CLN dianggap virus ama ansav . coba yang download PCMAv final release ,kemudianextract n stelah itu SCAN pake ansav anti virus ,pasti dianggap virus amaansav, saya sudah mencoba berkalikali ,namuntetap juga PCMAV CLN dianggap sebagai virus, tolong pencerahanya

  15. Saya baru pertama kali dwnload PCMAV 1.0 FR, moga-moga dapat mendeteksi virus di komp saya. Bisa nggak PCMAV 1.0 diupdate pake PCMAV 1.1 Build4? Trims banyak

  16. @rifqi : oleh kebanyakan antivirus, PCMAV sering dianggap virus (suspect). saat mau gunakan pcmav non aktifkan dulu antivirus lain.
    @ddin: mas ddin, donlod aja versi terbaru pcmav karena pcmav versi lama tidak bisa diupdate dg versi update yg lebih baru, misal program pcmav 1.0 tidak bisa menggunakan update versi 1.1 build4.

  17. unutk membuka pasword pada winsip pcrc mav gimana caranya yaaaa! tolong ………… bantuanayaaaaaaaaaaaaaaaaa

  18. Kueeeren banget, Gue doain pcmav tetap eksis sampe versi 1000.0. Jaya Indonesia!!!

  19. cara update pcmav 1.3 nya gmana ya. didownload ternyata ada virus yang nebeng jadinya kebaca sama avast, trus gak bisa di download jadinya

  20. hulla !!!!

    gw mw update PCMAV1.8-build2 tp gag ngerty ..
    tolong dong dikasih tau …

    klo gw mw download PCMAV yang paling terbaru gimana yaa ???
    tolong dijelasin juga cz gw masih baru kenal komputer …

    klo mang bisa dikirim lewat e-mail tolong dikirim aja ke tian_octa@ymail.com

    ditunggu yaa mists …

    thanx b4 !!!!!

  21. yes!

  22. gmn caranya download, trus gmn caranya menghentikan anti virus yg sdh ada, tolong ya

  23. Boz tlg dunk kirimin update PCMAV terbaru ke email ini array_adiyat@yahoo.co.id, gw download ga2l terus
    Komputerku sekarat nih…:(

  24. Bos kirimin update PCMAV yang terbaru/2009 ke alamat e-mail ini donk: dasep.aambtm@yahoo.com, thanx ya….

  25. aaaaaaaa bikin virus aja nich udh berulang2 kali di download berulang kali jua di serang virus capeh dech .. . . . . .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: