Oleh: ithum | 6 Juni 2008

Birokrat Dipaksa Untuk Mendukung Calon Bupati dari PKS,PPP,PD dan PBB (Pilkada Bupati Temanggung)

Kangen dengan tanah kelahiran (tentu saja kangen juga dengan my beloved mom) memaksaku hari Rabu kemarin untuk berangkat mudik bersama keluarga untuk melepas kerinduan dan merasakan dinginnya udara pegunungan di Temanggung.
Dinginnya udara di musim kemarau ini ternyata berbeda jauh dengan suhu politik yang kini sudah mulai memanas menjelang pilkada, apalagi penyelenggaraan pilkada Bupati Temanggung kali ini berbarengan  pula dengan pelaksanaan pilkada gubernur Jawa Tengah.

Ditengah hiruk pikuk persiapan pilkada ini, aku mendengar informasi yang cukup mengejutkan karena ternyata jaringan birokrasi secara sangat intensif ikut bekerja untuk memenangkan salah satu calon Bupati.  Mendengar camat menekan lurah, lurah menekan aparat desa untuk memenangkan partai tertentu dalam pemilu bukanlah sebuah 
kabar baru apabila hal itu dilakukan di masa orde baru, akan tetapi hal itu terjadi di masa sekarang! Birokrasi mulai dari tingakt kabupaten, kecamatan, kelurahan dimobilisasi untuk bekerja 
memenangkan salah satu calon pasangan bupati dan wakil bupati.
Keherananku bertambah lagi saat mengetahui bahwa calon Bupati dan Wakil Bupati yang ‘menggunakan’ jaringan birokrasi tersebut adalah calon yang diusung oleh empat koalisi partai yaitu PPP, PKS, Partai Demokrat dan PBB, yakni pasangan H.M. Irfan dan Setyo Adji.
Dimanakah Golkar? 
Bila pada masa orde baru birokrat adalah salah satu mesin politik Golkar, di Pilkada Bupati 
Temanggung kali ini Golkar  gagal untuk memperoleh dukungan dan tidak dapat  menggunakan birokrat sebagai mesin politiknya dalam pilkada. Entah apakah yang terjadi sebenarnya, apakah Golkar di Temanggung sudah sudah bercerai dengan birokrat atau karena alasan yang lain, yang jelas pendukung pasangan yang diusung oleh Golkar dan PAN yaitu Hasyim Affandi-Budiarto harus bekerja keras tanpa dukungan birokrat untuk memenangkan pilkada.
Kondisi serupa terjadi pada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung oleh PDI Perjuangan 
dan PKB yaitu Bambang Soekarno dan Fuad Hidayat, dimana para pendukung dan kader dari kedua partai tersebut harus bekerja keras dan tidak 
mendapatkan secuilpun dukungan dari birokrat.
Apabila pembaca tulisan ini tidak percaya, silahkan berkunjung ke Kabupaten Temanggung dan menggali informasi dari masyarakat.


Responses

  1. Wow sepertinya ini KKN ato apa yach…?
    sebaiknya hal ini dilaporkan ke KPU..
    Salam kenal dari Watashiwa

  2. Hasyim-budiarto cabup paling bermutu,bersih,pintar,tidak cacat hukum maupun fisik(sorry tidak menyinggung cabup no.3)…Pesan ini dari:”komunitas perantauan temanggung”

  3. Itulah kepicikan dan kebodohan IRFAN yang selalu mengancam,udah gak jaman pak irfan…dasar irfan cabup paling guoblok apalagi dia budek….Dan sehabis pilkada dia sudah ditunggu KPK karena mlkukan tindak korupsi pasar ngadirejo…Tunggu saja aksi kpk…

  4. Birokrat temanggung malah senang kalau irfan-setyo adji memenangkan pilkada,karena bupati muhammad irfan mudah dikibuli karena bodoh…Mungkin satu2nya regent(bupati) didunia yang mengalami cacat fisik berupa kekurang pendengaran alias tuli alias BUDEG

  5. Kang joyo! Mbok ojo ngono yen ngomong, koyo u tu sehat2o, smua org punya klbhn – kkrngn, jg p hasyim. kt2mu adlh doa untuk mu! Maka hati2lah kl ngendiko. Tanks.

  6. Yo pancen cabup irfan begitu keadaannya…….Masyarakat kecil akan dirugikan klo cabup irfan jadi…Begitu sebaliknya,para birokrat akan diuntungkan jika cabup irfan jadi…Pak irfan…Pak irfan…

  7. Emang cabup irfan gak bermutu.Managernya sj haryo dewandono(orang frustasi krn kalah dng p.Hasyim dlm konvensi partai golkar)..Dari masy.Peduli temanggung

  8. Kl birokrasi sht, baik, seneng,amanah akn trcpta temanggung yg kondusif. Otomatis, pmbngnan lancr. Korupsi ga ada daan..rakyat makmur, ya kan..makanya, Pilih PAK IRFAN. Hidup p Irfan. Doaku, doa kami, dari tanah haram, untk kemenangan mu, p Irfan. Ayo coblos no 3.

  9. @padhepokananime: Panwasnya kayaknya melempem! lha wong ada anggota PPK yg terang-terangan jadi ‘semacam team sukses’ calon bupati dari PKS dan PPP didiemin saja! Rekan saya yg PNS juga mengakui bahwa ada penekanan dari atasan utk mendukung calon dari PKS dan PPP ini, tapi Panwas, KPUD kayaknya diem saja mungkin setuju kali ya…
    salam kembali!
    @Joyo: Cacat Fisik bukanlah halangan! Biarlah kekurangan Tiap orang punya kelebihan dan kekurangan yg merupakan karunia dari Tuhan!
    @Tumenggung: Iya mas, birokrat akan menari-nari kalo irfan jd bupati karena kendali temanggung akan berada di tangan mereka, seandainya irfan terpilih entah skenario apalagi yg akan dijalankan oleh para birokrat ini!
    @Adi: Setuju semua orang dikarunia kelebihan dan kekurangan, ga setuju utk Irfan jd bupati sebab seandainya irfan jadi bupati maka akan tercipta iklim yg kondusif utk korupsi dan pembangunan akan semakin ga lancar!
    @Teguh: haryo khan cuman pengen bantu irfan saja drpd nganggur krn udah kalah duluan sama hasyim.

  10. Pak irfan tahu diri dong!Ente beruntung jadi bupati krn nebeng totok.Lho skrng mlh ingin nyalon bupati….Tetangga anda sj gak bakalan nyoblos anda..Paling 1-10 orang..

  11. Bener..Temanggung semenjak dipimpin pak irfan pembangunan dusun yg sudah dirintis jadi mampet,mandeg,rakaruan..Jika pak irfan jd bupati,bagaimana pak irfan melobi dng pemerintah pusat?Dia kan g punya channel…Klo p.Hasyim saya percaya…Krn p.Hasyim punya banyak channel di pemerintah pusat…Jd jika pak hasyim jd bupati berarti “Inilah titik kemajuan kota temanggung”

  12. Orang kl blm knl n tau scr psti ama p irfan, bs omong apa aja. Hai sdr2q wrga tmg, kenalilah lbh dkt siapa p irfan, bgmn prinsp, akhlaq, strategi, ide dsb dgnya. Pasti qt akn kesengsem. Jg bgmn ltr blkg n klgnya, akn tmbh kluar AURA KEPEMIMPINAN p IRFAN. Hdp irfan…

  13. Selain mendiknas, bp Bambang sudibyo, wrg tmg yg ada Pemernth pst adalah deputi BI Siti Halimah Fajriah daan dia adalai kakak kandung p irfan..taukah saudara2qu..

  14. Semua tidak usah ribut2 mslah cabup siapa yg lebih bagus…Yang pasti cabup no.3 sudah masuk dalam daftar list kpk untuk diperiksa dan tinggal ditanda tangani antasari azhar (ketua kpk) mslh pasar ngadirejo,dan sebenarnya kpk juga sudah mengantongi bukti2 tersebut..

  15. @Adi: mas Adi khan pendukung irfan, bagaimana komen mas Adi mengenai pemaksaan kepada pns di seluruh kab temanggung utk mendukung irfan?

  16. wew jaho dari PKS, PPP bisa manfaatin pns ya! hebat ni…. pokonya yg penting menang jalan apapun ditempuh! bravo pemaksaan!

  17. Wah jaman skrng udah g jaman pemaksaan hak pilih….Msyrkt temanggung juga sudah cerdas politik,ke arah mana temanggung harus diletakkan dan itu hanya bisa jika pemimpin daerah temanggung punya idealisme untuk memajukan daerah temanggung.Lha kalau belum jadi bupati saja sudah pake cara pemaksaan hak pilih,bagaimana temanggung mau maju?

  18. Wong dipaksa kawin yg jls2 enak aja ada yg gak mau apalg dipaksa milih ogah lah yauww.kebuangetan apa sampean bs jamin klo pilih sampean temanggung bs maju dan skrng aja birokrasinya mulai dari ktp samp.berikutnya ada gak kruan.dah gak musim paksaan dan sentimen agama bung.yg visi dan misi serta progressnya ‘maknyuss’itu yg dìcoblos.bravo rakyat

  19. @adi:mas adi mas adi..Samang opo ora knal anake…Tukang mabok to…Wong sok turut ndalan….

  20. @..Halo para bloggers…Tau gak sech…Ada cabup yg super boylot,…Masak kmaren pas acara debat,ditanya solusi kesejahteraan rakyat tmg akibat knaikan hrga BBM malah jawab,kembali kepotensi lombok…Banjur kepriye iki?Cabup kok koyo ngono

  21. menurutku sich harusnya yang sportif kan kayak main sepak bola.yang penting yang jadi bupati harus memikirkan rakyat kecil n bawalah temanggung sebagai kab. yang bersenyum (bersih,sehat nyaman untuk masyarakat) dari cah muncar,gemawang

  22. @ iwid.yg dmaksud tukang mabok tu anake sapa???jgn suka fitnah sembarangan ntar klo nemplok k anakmu sendiri gmn???yg aq tau jelas…anaknya kang hasim tu yg di luar jawa tu…ga mabok doank…nyemeng juga…narkoba jg…ya syukurlah klo programnya BRANTAS NARKOBA….dah nyadar y????anaknya perlu didandani…..MAS NEK NGOMONG ATI2 MBALIK MBUH Y…..

  23. @ asnawi….Namamu ganti aj bung…..KLO emang lo satria jantan….hadepan yuk…boleh ngomong apa aj…yg penting tanggung jawab…klo g brani…tak banca’i…jenang abang putih n dapat nama baru ASUnawi Binti Hasyim

  24. @iwid lagi oya…sm ky buat asnawi….koe to bleh…tek wani…pek ngata2i..hadepan lgsg karo wonge…seng nggenah lambemu…..enko dadi lambe jaran lo……AMIN….HIDUP IWID…SALAM BUPATI KUBURAN

  25. @IWID MENEH …jenengmu tak ganti yo…terlalu laki buat seorang banci….hmmmmm gmn kalo IWIDIANCUKI

  26. @iwid maning……JENENGMU KERI SITHIK ki…
    IWIDIANCUKI BINTI haSYIMILIKITI…weleh weleh

  27. weleh weleh…..
    wong durung kebukti wae kok do GEGER…nek nutur niku mbok sing apik tur bener…ampun tok gara2 mboten seneng kalih wonge trus gampang mawon mitnah..nek njenengan ting posisine pak irfan pripun jal?? orang temanggung kayak kalian tu cuma bisa dengar permasalahan dari satu pihak tok!!! mbok sing adilll….kok kados mboten tau sekolah mawon…mboten kagungan etika blas!!mbokk isiinn nggih kali sing kagungan urip…mangkeh nek sampun kebukti noooohhh monggo podo komentar…sing bener pak irfan nopo hasym kan dereng ngertos… waktu terus berputar maaannnn…jangan cepet2 ambil kesimpulaaannn…kita lihat saja….pemerintahan hasym besok akan jadi gimana???kan ga ada yang tau toooo??? WHO KNOWS gitu lho…. yang penting tu kan kesejahteraan rakyat…

  28. @iwid…
    mas nopo mbak nggih??? kok mboten jelas….
    njenengan nek nutur mbok sing sae..
    nopo njenengan pun tau ngertos nek putrane pak irfan tiang ndalan sok mabuk2an???
    mangkeh nek saah nutur tur putrane ngertos..parahe DIPROSES SISAN…njenengan repott.. atas dasar pencemaran nama baik lho….minta ganti rugi nek akeh nopo njenengan kagungan duit kathah???? lhak mboten too?wong ketok kok mbak iwid…

  29. saya doakan…
    bagi yang ahli fitnah…
    semua kata2 fitnah yang dilontarkan akan berbalik kepada yang mengucapkan kata2 itu..amin…

  30. buat pak irfan sekeluarga…smoga smakin sabar n tabah mhadapi isu2 ga karuan..n cemoohan2 itu…..saya percaya….doa orang teraniyaya yg didzolimi…insya Allah tkabul….
    percayalah…bahwa semua adalah takdir Allah dan percayalah orang yg mndpt ujian seperti anda akan ditinggikan derajadnya oleh Allah…Amin
    @ semua
    semua yang mencemooh dan memfitnah Pak irfan n keluarga….smoga lekas sadar dan kembali k jln yg benar…tidak perlu menyebarkan isu..mencemo’oh hanya untuk mencapai kemenangan..
    ga ada satu agamapun yg membenarkan itu….
    @iwid…lebih bhati2 lah kalo bicara…..smoga Allah memberikan petunjuknya padamu..Amin

  31. @ryeni….biarkan saja…saya percaya Allah pasti Adil sama hambanya..
    @asnawi….kemenangan yg dcapai di atas fitnah hanya suatu kemenangan dunia semata…dan kmenangan yg semu….sadarilah tdk semua org sempurna….
    @smua
    knapa yg koment dsini yg perolok2 smua pendukung Hasyim…..begitukah pemimpin anda mengajari Anda???bgitukah tingkah laku pendukung hasyim???Saya yakin hati kecil anda2 smua mengakui kekhilafan ini….bareng2 sadar yukkkkkk….

  32. Buat pak irfan semoga diberi ketabahan menghadapi cemoohan dan kekalahan dalam pilkada..Apabila setelah pilkada anda menghadapi cobaan tentang kasus korupsi,melakukan makar(kasus tentang tokoh dibalik ontran2 temanggung),dan apabila anda masuk bui dan hanya memakai celana kolor dan jatuh miskin dan diperolok2 sama rakyat tmg,maka bersabarlah.Orang sabar disayang Tuhan,orang emosinan bolone setan.Menawi panjenengan tiyang sabar nopo emosinan?

  33. barang siapa punya niat walaupun setitikpun untuk mendzolimi pak irfan..saya slalu doakan hal buruk akan menimpa mu…
    seorang munafik….
    bermuka dua..
    semua yang buruk semoga selalu menimpamu…

    @ sbr
    ga tau tujuanmu apa…
    semoga kau dan kluargamu selalu dilindungi Allah…

  34. @sbr…
    emang kau pernah masuk bui???
    kok tau kalo masuk bui pake kolor???
    habis tuh jadi miskin???
    punya pengalaman ya mas???

    hagh hagh…
    bego kok dipliara…
    ck ck ck…

  35. @sbr
    jgn tersinggung lo…kan sbr…becanda becanda..

  36. No Comment Lah.
    Itung2 tambah Back Link ajah.
    heheheheheeh

  37. Walah.. walah.. orang lain yang pengen jadi Bupati.. kenapa kalian yang ribut2.. dasar g*bl*k..
    Itu cabub… ketika jadi bupati, bakalan ngga kenal sama kalian.. ngapain juga kalian urusin…
    Kalo ngga suka, ya jangan milih.. itu aja kok marah.

    AMBIL UANGNYA.. JANGAN PILIH ORANGNYA..

  38. irfan modar!!!! kualat karo pak totok.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: