Oleh: ithum | 4 April 2008

Bendung Peredaran Fitna! Blokir Youtube?

Ingin tertawa saat membaca berita di koran yang berisi pernyataan bapak menteri kominfo m.nuh yang akan memblokir situs youtube untuk membendung peredaran film kontroversial fitna.

“Bagaimanapun yang bertanggung jawab atas isi situs itu adalah pengelola YouTube. Tidak mungkinkan kita yang edhel-edhel (mengacak-acak) muatan situsnya. Anggap saja Fitna itu muatan di dalam truk. Kan gak mungkin kita utak-atik isi truknya, ya pilihannya kita blok saja truknya, ” ujar Nuh yang mengaku belum menonton film yang dimaksud.

Secara tak sengaja aku mendengar obrolan anak SD yang sedang mendiskusikan pengandaian bapak menteri yang ‘akan😉 ‘ memblokir situs youtube dengan mengasumsikan YouTube sebagai truk dan film fitna sebagai muatannya. Sebut saja dua anak SD ini Budi dan Arman.
Budi: wah ga bisa nonton film fitna dong, truknya (youtube red.) mo diblokir pa’ menteri
Arman: Tenang saja Bud! nonton aja disitus yang lain.
Budi: Disitus lain? emang ada?
Arman: wah payah dech kamu! film ini ga hanya di youtube, ada banyak truk yang menyimpan eh.. mengangkut film ini.
Budi: duh… ga tahu aku, truk yang mana saja?
Arman: Coba saja tanya sama mbah Google pasti dijawab dan dikasih tahu truk mana saja yang ngangkut film fitna!
Budi: Ok, ntar aku cek pake hape!
(Budi mengeluarkan handphone yang masih terlihat baru dan dengan menggunakan handphone yang dapat digunakan mengakses internet menggunakan wifi, Budi googling eh tanya sama truknya mbah google dan menemukan jawaban yang banyak sekali)
Arman: Gimana Bud?
Budi: wah bener Man! banyak banget truk yang bawa muatan fitna!
Arman: iya khan apa kataku! ga hanya truk youtube saja yang ngangkut fitna!
Budi: Trus gimana nih rencana pa’ menteri yang mo melarang truk youtube masuk indonesia biar film fitna ngga masuk ke negeri kita? padahal ga hanya truk youtube yang ngangkut fitna?
Arman: Mungkin larang saja semua truk yang ngangkut barang dengan tulisan fitna!
Budi: lha kalo tulisan fitna-nya udah tutup pake plester dan diganti tulisan laen gimana? Truknya ntar tetep masuk dong!
Arman: iya ya! kamu cerdas juga!
Budi: Aku punya ide neh.. larang saja truk yang ngangkut film masuk ke indo, pasti dech ga bakalan film fitna nyasar masuk ke sini!
Arman: Kamu gimana sich! kalo filmnya diganti nama trus dibungkus pake zip, rar atau yang lain, gimana? emang yang ditugasin nyetop truk bisa tahu?
Budi: Digeledah dong semua truk! trus isinya dibukain satu-satu trus dicoba!
Arman: wakaakakk kalo truknya jutaan gimana?
Budi: tutup aja jalannya! trus semua tidur! ga ada yang ganggu khan! enak khaaaaan???
Arman: Haahahaah… bener dech kamu, tutup aja jalannya! ga usah ada akses internet! aman dech semua!
Budi: hahahahah… Betul kamu Man! lha wong ada internet juga ga bikin ‘kamu’ tambah maju dan pintar! trus apa gunanya???
Arman: Haahahahahha…. eh Bud gimana komentar kamu tentang film fitna?
Budi: Aku khan belum nonton, lha wong truknya yang muat film ini juga barusan kamu kasih tahu! komentar kamu?
Arman: menurutku, film ini blablabla… dan blababla… trus blablabla…. pembuatnya sungguh blablabla… pokonya blablabla….
Budi: loh koq blablabla….
Arman: aku kan belum nonton!😉 (tersenyum menyeringai jelek sekali…)
Budi: Belum nonton koq udah komentar! udah blablabla…. udah teriak-teriak!
Arman: maaf… cuman niru yang lain,
Budi dan Arman secara bersamaan : Oh…..


Responses

  1. […] Mungkin monkominfo telah membaca tulisan saya sebelumnya di blog ini yang berjudul Bendung Peredaran Fitna! Blokir Youtube? dan mencari tahu dimana download fitna , kemudian tersadar bahwa film fitna tidak hanya di youtube […]

  2. katanya Youtube diblokir om?? tapi aku kok masih bisa buka kok hari minggu jam 20.56.
    trus yang diblokir dimana??
    Aku pake GPRS … aja lewat HP gak masalah kok. bisa dibuka langsung..
    He.he. he
    Coba blokir Goole ato yahoo sekalian, atau gak pake internetan kembali ke jaman batu aman om.
    Gimana internet kan diciptakan untuk membantu kita mengetahui perkembangan dunia kok di halang-halangi. di Indonesia mau pintar kok susah ya? mana pendidikan mahal lagi….

  3. MMhhhhhhhhhhh Bener bener ancur ancuran gw idup di INdo….Bapak Mentri Anda Pinter Ga sih ??? Jawab ke E mail Gw klo Baca…

  4. Masalahnya bukan soal film fitna bozz,
    tapi gua perlu search film laen juga jadi ga bisa.
    Langkah yg diambil pa menteri dkk, benar2 membuktikan kepodohan pemerintahan kita.
    Kapan mau/bisa maju negeri kita ini, kalo apa2 dilarang. bener2 ga bisa terima kritikan, sindiran apapun, akhirnya kita ga pernah mau belajar.
    Sungguh2 tragis, setuju ma sodara Putra, sekalian aja yahoo n google diblok. Btw rapidshare juga ngadat terus nih.
    Regards…

  5. hidup pak menteri.., dengan dibloknya situs-situs dan video porno diharapkan akses internet lebih cepat.. , tapi jangan sampai gara-gara meng-blok sana-sini malah bikin internet jadi lelet..

    kalau isp sih senang-senang aja disuruh meng-block.., itung-itung lebih awet server dan trafiknya lebih dikit tapi profitnya lebih gede..

    tapi kalau website masih bisa dibuka dgn proxi seperti:
    unblockthispage.com – 209 hits
    neoproxy.org – 187 hits
    IPhider.org – 168 hits
    hidethispage.com – 165 hits
    Prox-today.info – 164 hits
    proxisurf.info – 158 hits
    ioop.info – 132 hits

    dan masih banyak proxy lainnya, maka musti nge-blok semua situs proxy juga…

    alhasilnya tutup aja sekalian internetnya dari nusantara, jadi gak perlu kucing-kucingan gitu..

    saran saya, mending ngurus yg laen yg lebih penting saja.. , sekarang jamannya apa ?? apa benar semua content yg ada dari suatu situs pasti jelek.??? sehingga semua harus kena dampaknya..🙂

  6. Apakah pemerintah sudah menayakan dan merundingan persoalan ini dengan pihak youtube?

    Youtube kan hanya sebagai wadah, video sharing gitu lo. Jadi menurut saya yang bertanggung jawab pun harus orang yang mengupload video tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: